PMT-AS UPAYA MENDORONG SOSIALISASI GEMARIKAN

Foto untuk : PMT-AS UPAYA MENDORONG SOSIALISASI GEMARIKAN
Share

Giri Menang - Setiap Tahun Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Barat melakukan kegiatan PMT- AS (Program Makanan Tambahan Anak Sekolah) dengan fokus mendorong dan sosialisasi GEMARIKAN  (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) mengingat jumlah konsumsi makan ikan di wilayah Lombok Barat dan Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Gemarikan adalah merupakan program nasional yang diimplementasikan di tingkat pusat, daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.Gerakan ini memotivasi generasi penerus bangsa untuk meningkatkan konsumsi makan ikan mengingat pentingnya konsumsi ikan sebagai pemenuhan gizi dan mineral lainnya yang sangat bermanfaat bagi anak sekolah dan masyarakat pada umumnya.

PMT-AS tahun 2018 dilaksanakan dibeberapa sekolah di wilayah Kabupaten Lombok Barat,terutama dilakukan di sekolah - sekolah yang jauh dari pusat kota dan menjadi kantong kemiskinan di wilayah Kabupaten Lombok Barat. Pada Tanggal 1 Agustus 2018 Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Barat melakukan kegiatan PMT-AS di SDN 2 Jembatan Kembar Kecamatan Lembar, jika dibandingkan dengan sekolah lain , SD 2 Jembatan Kembar secara geografis tidak jauh dari pusat kota tetapi ada yang menarik yang ada di SD ini yaitu menjadi  SD INKLUSIF dimana sekolah melibatkan atau menerima ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) . Dengan adanya sekolah inklusi, ABK dapat bersekolah di sekolah regular yang ditunjuk sebagai sekolah inklusi. Di sekolah tersebut ABK mendapat pelayanan pendidikan dari guru pembimbing khusus dan sarana prasarananya. Prinsip mendasar dari pendidikan inklusi adalah selama memungkinkan, semua anak seyogyanya belajar bersama-sama tanpa memandang kesulitan ataupun perbedaan yang mungkin ada pada mereka. Jadi disini setiap anak dapat diterima menjadi bagian dari kelas tersebut, dan saling membantu dengan guru dan teman sebayanya maupun anggota masyarakat lain sehingga kebutuhan individualnya dapat terpenuhi. Upaya-Upaya Ini tidak bisa dilakukan sendiri tetapi diperlukan kerja sama di semua sektoral karena setiap orang memiliki hak yang sama untuk memperoleh manfaat maksimal dari pendidikan. UUD 1945 pasal 31 ayat (1) dan (2) mengamanatkan bahwa setiap warga Negara mempunyai kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan. Selain itu, UU No. 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional pasal 3, 5, 32 dan UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak pasal 48 dan 49, yang pada intinya Negara, pemerintah, keluarga, dan orang tua wajib memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada anak untuk memperoleh pendidikan. Jadi semua orang berhak sekolah.

Dalam pelaksanaannya PMT-AS rangkaian acara adalah  : 1. Sambutan Kepala Sekolah dan Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Barat. 2. Penyampaian materi tentang pengetahuan mengenai ikan termasuk  penjelasan tentang Gemarikan, Ikan dan ciri-ciri ikan, Pembagian ikan berdasarkan habitatnya dan Keuntungan ikan termasuk manfaat ikan. 3. Games menarik yang berkaitan materi -materi yang telah disampaikan

Sambutan
PELAYANAN
LKPP
Kementerian Kelautan dan Perikanan RI