LOGO dkp
Beranda > Berita > Peningakatan Kapasitas Koperasi Garam Program Pengmembangan Usaha Garam Ra…
Ekonomi

PENINGAKATAN KAPASITAS KOPERASI GARAM PROGRAM PENGMEMBANGAN USAHA GARAM RAKYAT (PUGaR) KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN ANGGARAN 2021.

Posting oleh dkplobar - 4 April 2022 - Dilihat 1.050 kali

Pengembangan ekonomi lokal diartikan sebagai suatu upaya pengembangan ekonomi wilayah berbasis lokalitas (memanfaatkan potensi lokal dengan menggunakan sumber  daya lokal) dimana dalam pelaksanaanya pelaku yang harus berperan aktiif dalam aktivitas ekonomi tersebut adalah masyarakat lokal memiliki kapasitas dalam mengelola sumber daya yang dimiliki adalah melalui pemberdayaan masyarakat yakni suatu upaya memberikan bantuan kepada masyarakat untuk dapat menegembangkan potensi yang dimililki.

Kabupaten lombok barat merupakan salah satu kebupaten di provinsi NTB yang memiliki berbagai potensi sumber daya alam yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kejahteraan mesyarakat. Secara geografis kebupaten Lombok Barat memiliki seluas 862,62 km dan perairan seluas 1.352,49 km yang dikelilingi garis pantai sepanjang 120 km.

Salah satu potensi sumberdaya alam yang dimiliki Kabupaten Lombok Barat adalah potensi usaha garam dengan luasan areal yang dimiliki 354,192 Ha dengan luasan lahan yang telah dimanfaatkan sebesar 141,1 Ha atau baru mencapai…% kegiatan usaha garam di Kabupaten Lombok Barat dilaksanakan dengan metode perebusan dan evaporasi dengan jumlah produksi pada tahun 2020 sebanyak 800 Ton daengan kualitas (K1) yang dapat digunakan untuk berbagai sektor industri dengan jumlah produksi, dengan jumlah produksi dan kualitas tersebut menjadikan garam sebagai salah satu komoditas pesisir yang pontesial untuk dikembangkan.

Dalam mejalankan kegiatan usahanya masyarakat yang tergabung dalam kelompok usaha garam saat ini menjadi mitra koperasi syaariah bina laut yang berbeda di DesaCendi manik kecamatan Sekotong dalam hal pengelolahan garam (yodisasi dan pengemasan) dan pemasaran.

Terkait hal tersebut, guna menjamin keberlanjutan kegiatan usaha garam rakyat dengan sytem kelola dengan menajemen dan prinsip-prinsip ekonomi kokperasi sehingga kegiatan usaha yang dikelola dapat mendatangkan keuntungan bagi koperasi dan anggotanya.

Guna meningkatkan kapasitas koperasi dan SDM yang ada maka perlu dilakasanakan kegiatan pelatihan peningkatkan kapasitas koperasi bagi pengurus dan anggota koperasi sehingga dapat berlangsung sesuai dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun tujuan pelaksanaan Bimtek Peningkatan Kapasitas Koperasi garam adalah untuk menambah pengetahuan , keterampilan, informasi dan wawasan dalam rangka mewujudkan peningkatan kapasitas kelembagaan maupun SDM dari koperasi mitra PUGAR , agar dapat menjalankan kegiatan-kegiatan unit usahanya secara profesional dan akuntabel sehingga dapat mendatangkan keuntungan bagi koperasi dan anggotanya.  sasaranya adalah pengurus koperasi mitra PUGAR Kabupaten Lombok Barat dan anggota koperasi yang terdiri dari kelompok usaha garam terintegrasi di Desa Cendi manik  dan Desa Buwun  Mas kabupaten Lombok Barat 

Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Koperasi Garam dilaksanakn  selama 1 ( Satu ) hari yakni pada hari rabu tanggal 22 September 2021 bertempat di rumah makan Sukma Rasa Jaya Jln. TGH. Lopan Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *