LOGO dkp
Beranda > Berita > Rembug Daerah Ii Program Pengembangan Usaha Garam Rakyat (Pugar) Kabupaten…
Ekonomi

REMBUG DAERAH II PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA GARAM RAKYAT (PUGAR) KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN ANGGARAN 2021

Posting oleh dkplobar - 5 April 2022 - Dilihat 1.494 kali

Kegiatan Pengembangan Usaha Garam Rakyat di Kabupaten Lombok Barat pada Tahun Anggaran 2021 dilaksanakan di Dusun Empol Desa Cendi Manik Kecamatan Sekotong melalui Intensifikasi lahan dengan system ladang yang pengelolaannya dilakukan secara terintegrasi. Kegiatan Integrasi Pegaraman merupakan upaya pengembangan usaha garam rakyat yang dilaksanakan melalui pengembangan lahan terintegrasi (satu kesatuan) yang menggunakan 4 (empat) pendekatan, yaitu :

(1) Produktivitas, yakni jumlah garam yang dihasilkan perluasan lahan;

(2) Kualitas, terkait dengan kandungan NaCl atau mineral lainnya;

(3) Kontinuitas, sebagai jaminan pasokan garam; dan

(4) Korporatisasi, yang berarti pola usaha yang bergerak dalam wadah kelembagaan usaha dan menerapkan budaya korporasi.

Pengelolaan lahan integrasi di Dusun Empol Desa Cendi Manik Kecamatan Sekotong dilaksanakan oleh Koperasi Mitra Pugar yakni Koperasi Syariah Bina Laut pada luasan lahan 15,42 Hektar, dimana luasan lahan tersebut dibagi menjadi Bozem/Kolam penampung aur laut, Kolam Ulir dan Meja Garam.

Guna menyekapakati bentuk kerjasama antara Koperasi Syariah Bina Laut dengan anggotanya yang terdiri dari pemilik lahan dan atau penggarap lahan tambak maka dilaksanakan kegiatan rembug daerah, dimanan nantinya hasil dari kegiatan rembug ini akan dijadikan sebagai pedoman dalam pengelolaan lahan tambak terintegrasi pada Tahun 2021.

 

Adapun Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah tercapainya kesepakatan antara koperasi dan anggotanya dalam pengelolaan lahan tambak terintegrasi di Dusun Empol Desa Cendi Manik Kecamatan Sekotong.

dimana Kegiatan Rembug Daerah II ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari yakni pada hari Rabu tanggal 23 Juni 2021 bertempat di Rumah Makan Sukma Rasa Jalan TGH. Lopan Kecamatan Labuapi kabupaten Lombok Barat. 


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *